Hidup Dari Dividen Saham

Hidup dari dividen saham, berapa banyak modal yang Anda butuhkan? Hidup hanya bergantung pada dividen saham! Oleh Youtuber Felicia Putri Tjiasaka.

Sumber video Hidup dari Dividen Saham, Butuh Modal Berapa? ( https://www.youtube.com/watch?v=fawFadKhSLk )

3 cara untuk hidup dari Dividen menurut Felicia Putri Tjiasaka yaitu:

  • Pertama pilih saham yang rutin bagi dividen

Penulis sampai saat ini belum menentukan saham yang rutin bagi dividen yang akan dibeli secara mencicil ( baca artikel Nabung Rutin Saham ). Sebagai resolusi di tahun 2023 maka Penulis berencana membeli sebuah emiten secara rutin setiap bulannya.

  • Kedua hitung modal yang dibutuhkan

Sebelum berapa besar modal yang dibutuhkan maka tahap awal menetukan besaran biaya hidup. Penulis sendiri sudah menghitung besaran biaya hidup yang dibutuhkan (baca artikelĀ Menghitung Biaya Hidup Keluarga ). Dalam hal ini dibutuhkan biaya hidup sebesar Rp 30 juta perbulan atau Rp 360 juta pertahun.

Setelah dapat besar biaya hidup maka Penulis sudah menghitung besar modal yang di butuhkan (baca artikel Modal Investasi for Living ) maka di peroleh nilai sebesar Rp 4,8 milyar. Modal awal untuk hidup dari dividen memang besar.

  • Ketiga memakai dividen untuk biaya hidup sehari-hari

Tentunya rencana penggunaan dividen untuk biaya hidup sehari-hari baru bisa dilakukan setelah pensiun (atau sekitar 20 tahun lagi). Kondisi saat ini Penulis fokus untuk memilih salah satu dari sekian banyak emiten di pasar modal.

Share Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *