Ilmu Tentang Uang Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah

Sebuah renungan Ilmu Tentang Uang Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah sebuah judul video Youtube yang berasal dari Kuliah Kehidupan.

Mike Tyson salah satu juara dunia dalam boxing atau tinju. Selama karirnya dia menghasilkan setidaknya 300 juta Dollar kalau dirupiahin sekitar 4,5 triliun. Tapi si Mike Tyson ini pernah menyatakan kebangkrutan dan memiliki utang kurang lebih 30 juta Dollar atau sekitar Rp 450 miliar.

Kenapa bisa begitu?

Ini menjawab judul hari ini. Ketika  tidak bisa belajar hal yang akan dibahas hari ini. Maka akan miskin seumur hidup.

Bayangin aja punya penghasilan Rp 4,5 triliun dan itu hilang semua. Kan goblok. Bisa nyari uang sebanyak-banyaknya tapi ketika tidak bisa memanajemen uang maka akan selalu miskin.

Uang itu apa?

Uang itu adalah sebuah media pertukaran. Sebuah alat yang memfasilitasi pembelian, penjualan dan pertukaran barang. Uang itu adalah nilai atau value.

Kenapa mengerti ini penting dalam hidup?

Karena ketika bisa mengerti konsep ini maka semua keputusan yang di ambil dengan uang itu berdasarkan penilaianmu terhadap value.

Uang itu masuk ke dompet lalu perlahan-lahan hilang sedikit demi sedikit. Berarti hubungan dengan uang itu pemasukan dan pengeluaran.

Di tahun 2017, 78% warga Amerika itu hidup dari gaji ke gaji. Di Indonesia kurang lebih sama hidup dari gaji ke gaji maka permasalahannya ada dikonsumsi. Berarti sebelum belajar nyari uang harus belajar tentang mengontrol konsumsi atau pengeluaran.

Sebuah Jebakan

Oke selanjutnya akan bahas sebuah jebakan. Yang pasti semua pernah atau akan mengalami dalam hidup yaitu jebakan uang. Sebuah jebakan yang seperti lintasan lari yang berbentuk lingkaran. Lari terus tapi cuman muter-muter aja seperti lingkaran setan. Kerja 5 hari dalam seminggu, gajian sebulan sekali, dan ketika gajian uang itu masuk ke rekening dalam satu hari uang itu sudah hampir habis.

Namanya lari pasti ada keterbatasan stamina. Bisa jadi baru tiga putaran sudah lelah, jatuh sakit lalu kehilangan pekerjaan.

Kalaupun tubuh tahan banting, stamina kuat, yakin bisa lari sampai 100 putaran?

Lalu apakah bisa menjamin bahwa mental akan tetap sehat dan bugar setelah 100 putaran? Mungkin beberapa dari fisiknya kuat tapi lama kelamaan pasti akan berdampak pada mental.

Kalau sekarang menyadari bahwa masuk ke jebakan uang. maka harus segera cepat keluar. Caranya adalah memperbaiki hubungan dengan uang.

Langkah pertama yang bisa lakukan adalah menulis semua pengeluaran. Langkah selanjutnya adalah budgeting atau menentukan target berapa banyak seharusnya uang keluar dalam sebulan. Kalau sudah menentukan budget maka secara sistematis harusnya sudah bisa memilah mana yang nggak penting dan menghapus hal itu dari pengeluaran. Nanti uang sisanya bisa ditabung atau investasikan semisal belum berani berbisnis.

Saran tambahan dari sebelum memutuskan untuk investasi atau membuka bisnis dari sisa uang harus nyiapin dulu dana darurat. Seandainya di PHK, atau sakit atau berbagai macam alasan darurat lainnya.

Meningkatkan income dari pengalaman terhadap uang, menekan pengeluaran itu jauh lebih mudah daripada meningkatkan pendapatan.

Pertama jalur bisnis jalur paling cepet untuk dapat uang. kedua jalur investasi caranya simple setiap hari belajar investasi setiap bulan uang sisa masukkan ke instrumen investasi yang sudah di analisa kalau untung bisa tarik, kalau rugi bisa manajemen resiko. Cara ini mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Kesimpulannya pertama harus mengerti pola konsumsi untuk menekan pengeluaran. Kedua harus menentukan budgeting. Ketiga uang sisa digunakan untuk mencari jalur lain dalam menambah pemasukan.

Sumber video Ilmu Tentang Uang Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah Youtube Channel Kuliah Kehidupan https://www.youtube.com/watch?v=GS8SnEHbPO4

Share Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *