Pembagian Dividen

Video Podcast kali ini akan menjelaskan mengenai waktu pembagian dividen saham, berapa kali dalam setahun dividen dibagikan, kapan dividen itu dibagikan dan tanggal-tanggal yang harus diperhatikan untuk menerima dividen.

Seberapa sering perusahaan membagikan dividen?

Emiten membagikan dividen tergantung kondisi keuangan perusahaan. Ada yang membagikan satu kali setahun, ada yang bisa membagikan dua kali setahun, namun ada pula yang tidak membagikan dividen. Tergantung dari keputusan RUPS perusahaan tersebut bagian

Kapan perusahaan akan membagikan dividen saham?

Tergantung masing-masing perusahaan juga, ada perusahaan yang membagikan dividen di bulan Januari, ada perusahaan yang membagikan dividen di bulan Februari, ada perusahaan yang membagikan dividen di bulan maret, dan seterusnya.

Tidak ada peraturan yang mengatur bahwa dividen harus dibagikan dalam waktu tertentu. Keputusan untuk membagikan dividen diatur dalam RUPS perusahaan tersebut.

Tanggal-tanggal penting yang kalian ketahui untuk mendapatkan dividen?

Pada RUPS, jika sebuah perusahaan sudah memutuskan untuk membagikan dividen, ada 4 tanggal penting yang akan ditetapkan oleh perusahaan tersebut yaitu

  1. Cum Date
  2. Ex Date
  3. Recording Date
  4. Payment Date

agar lebih mudah menjelaskan Saya akan mengambil contoh saham PTBA yang baru saja membagikan dividen pada bulan Juli 2023.

Berdasarkan rekam jejak investasi saham anda, kami menginformasikan bahwa BUKIT ASAM Tbk (PTBA) bermaksud melakukan pembagian dividen dengan rasio cash 1 : 1.094,0500 yang artinya setiap 1 lembar saham PTBA akan dikalikan Rp 1.094,0500.

Adapun jadwal pembagian dividen saham adalah sebagai berikut:

  • Tanggal perdagangan bursa yang memuat dividen tunai (Cum Dividen): 23 Jun 2023
  • Tanggal perdagangan bursa yang tidak memuat dividen tunai (Ex Dividen): 26 Jun 2023
  • Tanggal penentuan Pemegang Saham yang berhak mendapatkan dividen tunai (Rec Dividen): 27 Jun 2023
  • Tanggal pembayaran dividen tunai (Payment Date): 14 Jul 2023

Dana dividen tunai akan ditransfer ke RDN Anda pada tanggal pembayaran yang tertera di atas. Anda dapat memeriksa riwayat transaksi pada aplikasi Ajaib.

ini tanggal-tanggal yang ditetapkan

  • Cum Dividen: 23 Jun 2023
  • Ex Dividen: 26 Jun 2023
  • Recording Dividen: 27 Jun 2023
  • Payment Date: 14 Jul 2023

Tanggal dan yang paling penting adalah Cum Date atau Cumulative Date. Tanggal ini adalah tanggal di mana Pembaca harus menjadi pemilik saham saat bursa tutup untuk menerima dividen yang akan diberikan.

Apapun kondisinya jika Pembaca pemilik saham tersebut. Pada saat bursa tutup dan hari berakhir di tanggal Cum Date maka kalian akan berhak untuk mendapatkan dividen. Jika Pembaca bukan pemilik saham tersebut pada saat bursa tutup dan hari berakhir di tanggal Cum Date. Maka Pembaca tidak akan mendapatkan dividen.

kedua adalah Ex Date atau Expired Date adalah tanggal di mana investor sudah tidak bisa mendaftarkan kepemilikan sahamnya atau mengubah kepemilikan sahamnya untuk mendapatkan dividen yang akan dibagikan.

Tanggal berikutnya adalah Recording Date adalah tanggal pencatatan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen biasanya recording date jatuh 2 hari bursa setelah Cum Date karena sudah memperhitungkan waktu penyelesaian transaksi di pasar reguler yaitu 2 hari bursa setelah transaksi.

Terakhir adalah payment date yaitu tanggal dimana kalian akan menerima pembayaran dividen. jadi rekening dana nasabah Pembaca jika kalian memiliki saham pada saat bursa  tutup di hari Cum Date maka Pembaca akan mendapatkan pembayaran dividen di hari payment date yaitu 14 Juli 2023

Pembaca tidak perlu melakukan apapun dividen akan langsung dibayarkan ke rekening dana nasabah Pembaca untuk mendapatkan tempat tanggal di atas kalian bisa cek dari aplikasi sekuritas.

Artikel ini terinpirasi dengan video berjudul dari Kapan Dividen Saham Dibagikan | Syarat Mendapatkan Dividen Channel Youtube FinJourney ( klik disini )

Share Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *